Wednesday 28 December 2011

Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Plant Toyota yang terletak di sunter Jakarta merupakan salah satu plant Toyota yang memproduksi part-part untuk mobil Toyota maupun Daihatsu.



Di dalam plant Toyota ini dilakukan beberapa proses produksi yaitu,

• Casting plant
• Stamping Plant
• Engine plant
• Die making
• Dan lain-lain.



Plant Toyota yang mempunyai luas 65.028 m2 ini melakukan prosesnya dari mulai peleburan sampai drying, adapun fasilitas yang digunakannya adalah Induction holding furnace, overhead furnace, sand blasting, sand mixer, sand reclaimer, vacuum sand conveyor, drying oven.





Kemudian proses dilanjutkan pada stamping plant untuk membentuk plat-plat menjadi bentuk yang diinginkan. Penggunaan press machine yang digunakan adalah dari 60-1500 ton.



Proses lain yang ada pada plant Toyota ini adalah untuk membuat mesin dan tools yang digunakan selama proses. Pembuatan tools sendiri menggunakan bentuk cetakan awal dalam bentuk stirofoam yang akan menguap pada saat dilakuakan pembentukan tools tersebut.



Kemudian pada Engine plant terdiri dari dua bagian yaitu Machining line dan assembling line.  Proses terakhir yang dilakukan oleh Toyota setelah finishing masing-masing part nya adalah dilakukan packing dan vanning, dimana Plant Toyota ini mengirimkan part yang telah dibuatnya untuk di assembling di plant Toyota lain di dalam negeri, maupun di Export dari Asia, Eropa, Amerika Selatan.

No comments:

Post a Comment